Lengkap! Pengertian dan Penjelasan apa itu revolusi industri 4.0

Memahami lebih dalam apa itu revolusi industri


Revolusi industri 4.0


Apa itu revolusi industri 4.0 ?


Proses dimana terjadinya perubahan dalam skala besar disegala bidang. Terutama pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi yang memiliki dampak terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.

Sebelum memasuki era revolusi industri 4.0 tentu adanya revolusi terdahulu yaitu revolusi 1.0, 2.0 dan 3.0, sangat baik jika anda juga mempelajari revolusi - revolusi sebelumnya.

Revolusi Industri 1.0 (1750-1830)


Ditandai dengan adanya penemuan mesin uap dan kereta api. Penggunaan mesin uap pada waktu itu dimaksudkan untuk menggantikan tenaga manusia dan hewan dalam produksi. Revoluasi industri ini pada saat itu juga berguna untuk melaksanakan mekanisasi sistem produksi. Mekanisasi di sini bermakna penggunaan tenaga mesin dan sarana-sarana teknik lainnya untuk menggunakan tenaga manusia dan hewan dalam proses produksi.

Revolusi Industri 2.0 (1870-1900)


tandai dengan penemuan listrik, alat komunikasi, bahan-bahan kimia, dan minyak. Revolusi industri pada tahap ini dapat digunakan untuk melaksanakan konsep produksi massal.

Revolusi Industri 3.0 (1960 hingga sekarang)


Ditandai dengan penemuan komputer, internet, dan telepon genggam. Revolusi industri ketiga ini dapat digunakan untuk otomatisasi proses produksi dalam kegiatan industri.

Revolusi Industri ke 4.0


Revolusi 4.0 ditandai dengan  kemajuan teknologi seperti adanya robot, kecerdasan buatan, teknologi nano, bioteknologi, komputer kuantum, blockchain, percetakan 3D, Internet of things dan kendaraan tanpa awak yang biasa disebut dengan istilah drone. 


Itulah penjelasan lengkap mengenai revolusi industri. Semoga dapat membantu pengetahuan seputar revolusi industri. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel